Minggu, 13 Juni 2010

Pengulangan Positif Adalah Kebiasaan Yang Perlu Dibentuk

Ngurah Alit – dailystockprice.net

November 22, 2009

Melakukan investasi dalam bursa saham membutuhkan kesabaran dan melakukan tindakan pengulangan secara terus menerus dan konsisten sampai kita memutuskan untuk berhenti berinvestasi.

Setiap orang memiliki strategi investasi yang berbeda dan masing-masing dapat dipergunakan sebagai metode investasi yang dilakukan secara berulang. Yang paling penting adalah bukan banyaknya teknik investasi yang kita ketahui untuk diterapkan, tapi teknik investasi mana yang paling memiliki dan dapat mencapai keuntungan yang telah kita tentukan. Begitu kita mendapatkan teknik yang berjalan dan sesuai dengan toleransi tingkat resiko yang kita tetapkan, lakukan kembali secara terus meneruspengulangan yang positif.

Dalam dailystockprice.net strategi yang kami gunakan adalah bukan dengan cara melakukan day trading atau short trading, namun metode yang kami gunakan adalah berusaha mencari saham-saham yang kemungkinan memiliki keuntungan jangka panjang yang signifikan. Aturan-aturan yang kami gunakan mungkin belum tentu cocok dengan apa yang telah Anda gunakan dalam melakukan investasi saham. Berbeda aturan dan teknik tidak berarti berbeda kesempatan untuk mendapatkan investasi yang tepat dan menguntungkan.

Mungkin satu-satunya teknik yang sejalan adalah kita sama-sama berusaha untuk mengikuti kemana trend investasi.

Untuk mendapatkan saham yang memiliki kenaikan yang signifikan, satu-satunya cara adalah dengan melakukan pembelian secara tepat berdasarkan fundamental yang baikselanjutnya biarkan saham tersebut membuktikan dirinya sendiri – yang dalam kebanyakan kasus harus didukung oleh kondisi market yang sedang uptrend.

Jika kita melakukan persiapan yang cukup dengan aturan yang tepat, pasti kita dapat menemukan saham yang memperoleh gain yang besar.

Bill Gates bisa memiliki perusahaan Microsoft salah satunya adalah karena memiliki setidaknya 10,000 jam terbang untuk mempelajari dan melakukan pengulangan dalam pemrograman komputer, The Beatles menjadi salah satu grup musik yang terkenal karena sudah melakukan latihan musik secara berulang paling tidak 10,000 kali sebelum menjadi terkenal sampai dengan saat ini - Outlier (Malcolm Gladwell). Thomas A. Edison pasti juga memiliki paling sedikit 10,000 jam terbang untuk melakukan pengulangan penelitian sampai akhirnya menemukan lampu pijar dan menemukan penemuan penting lainnya dan saya juga yakin investor seperti Warrent Buffett telah memiliki minimum 10,000 jam terbang dalam menganalisa dan mempelajari laporan keuangan untuk menerapkan teknik investasi nilai yang membuatnya menjadi salah satu orang terkaya didunia.

Sejarah selalu berulang, orang-orang yang memiliki keberhasilan dibidangnya selalu melewati jalan yang sama.

Dalam berinvestasi, sering kali persiapan yang dilakukan sepertinya membosankan, namun perlu dan harus dilakukan jika kita ingin mendapatkan hasil investasi yang maksimal.

Misalkan kita memutuskan untuk berinvestasi di pasar saham. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan evaluasi, penelitian & persiapan dalam berinvestasi? Dalam kasus kami, kami memerlukan waktu 95% waktu untuk melakukan pekerjaan rumah. Dan selanjutnya 5% sisanya adalah melakukan pembelian dan penjualan.

Kami tidak melakukan day trading untuk mendapatkan keuntungan. Yang kami lakukan adalah pertama kami memilih saham-saham mana yang kemungkinan menunjukkan trend kenaikannya melalui grafik saham, yang hasilnya bisa Anda lihat pada halaman Possiblity Approaching Buying Price pada halaman report kami.

Begitu data masuk dalam tabel ini, yang kami lakukan adalah mencari tahu fundamental, laporan keuangan dan data –data lainnya sambil menunggu sinyal beli muncul. Saat muncul sinyal beli, kami akan memilih saham mana yang paling baik menurut kami untuk dibeli, menaruh order beli di internet pada harga belinya atau setidaknya sedekat mungkin dengan harga belinya danselesai (sering kali memerlukan waktu kurang dari 10 menit). Selanjutnya kembali melakukan pekerjaan rumah investasi,

Saya pribadi tidak menunggu di depan layar selama proses beli belum terjadi. Jika pada hari itu order beli tidak terpenuhi, keesokan harinya saya akan melakukan kembali order beli pada harga yang samaatau mungkin berbeda sedikit, dengan catatan tidak membeli saham pada harga diatas 5% dari harga belinya. Bagaimana jika tidak pernah memenuhi nilai beli saya? Saya tidak akan mengejarnya, saya akan membeli alternatif saham yang lain.

Jika order beli terpenuhi, saya masih memiliki waktu 3 minggu untuk melihat apakah saham yang saya beli mampu melewati keuntungan melewati 20% dari harga yang saya beli. Jika tidak, saya akan berusaha mencari saham lain yang lebih baik dan kemudian mengganti saham tersebut dengan saham pilihan yang baru. Jika berhasil membuat keuntungan minimal 20% dalam jangka waktu kurang dari 3 minggu, saham tersebut akan saya pegang untuk paling tidak 2 – 3 bulan kedepan dan akan dievaluasi setiap 8 minggu, apakah dijual atau dipegang terus.

Selanjutnya yang kami lakukan di dailystockprice, mengulangi proses diatas dengan aturan-aturan dan teknik yang konsisten.

Demikian seterusnya sampai menemukan beberapa saham yang dapat dipegang untuk jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar